Ketua DPRD Titip Ayat Alkitab, Wagub Minta Tiga Legislator yang Dilantik Jangan Jadi Bisu

TERAS, Manado- Pengisi Pengganti Antar Waktu (PAW)  tiga legislator DPRD Sulut yang maju di Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) tahun 2020, Kamis (14/1/2021) pagi diambil sumpah dan janji oleh Ketua DPRD, Fransiskus Andi Silangen.
Mereka adalah Herry Rotinsulu yang menggantikan Hengky Honandar, Henry Walukow yang menggantikan Netty Agnes Pantouw dan Herol Kaawoan yang menggantikan Wenny Lumentut.
Usai dilantik, Ketua DPRD menyematkan pin emas berlogo DPRD Sulut di dada masing-masing anggota dewan, serta menandatangani berita acara pelantikan.
Dalam sambutannya, Wakil Gubernur Steven Kandouw yang mewakili Gubernur Olly Dondokambey menyampaikan apresiasi kepada DPRD dan Sekretariat DPRD yang telah menjalankn amanat undang-undang melantik tiga legislator pengisi PAW ini.
“Walaupun kita dirongrong suasana Covid-19, namun salut kepada DPRD sudah melaksanakan perintah UU dengan tertib. Atas nama pak Gubernur, Pemerintah Propinsi dan seluruh rakyat Sulut mengucapakan selamat kepada ketiga legislator yang baru dilantik. Janji kalian didengar oleh Tuhan dan masyarakat,” ungkap Kandouw.
Wagub juga mengingatkan tiga fungsi legislatif yang melekat kepada tiga legislator yang baru dilantik. Yaitu legislasi, pengawasan dan penganggaran.
“Tiga tugas dan fungsi ini sangat penting dalam roda pemerintahan. Kami menyadari tanpa adanya legislatif, kami pemerintah tidak dapat menjalankan tugas dengan baik,” ucap Wagub.
Selain itu, Kandouw menyampaikan harapannya kepada Rotinsulu, Walukow dan Kaawoan agar tidak menjadi bisu usai dilantik sebagai wakil rakyat.
“Kita bekerja di DPRD, sama seperti di Parlemen. Kata Parlie dalam bahasa Perancis artinya bicara. Jangan sampai setelah dilantik, ironisnya malah jadi wowo (bisu, red). Bicara yang kondusif, substansial, identifikasi dulu baru diakumulasi untuk kemudian diagregasi di sini (DPRD) menjadi produk-produk aturan yang bermanfaat bagi kepentingan rakyat,” tandas Kandouw.
Sedangkan Ketua  DPRD Sulut, Fransiskus Andi Silangen berpesan agar para anggota dewan yang baru saja dilantik selalu ingat yang tertulis dalam Alkitab yaitu Kolose 3:23.

“Apapun yang kamu perbuat, perbuatlah dengan segenap hatimu seperti untuk Tuhan bukan untuk manusia. Ayat ini untuk kita semua mau meningkatkan kinerja, bahwa segala sesuatu yg kita kerjakan upahnya dari Tuhan. Ada orang lihat atau tidak ada, yang melihat kita tetap mengerjakannya karena Tuhan yang akan memberi penghargaan untuk kita. Seperti Yosua, Tuhan yang membesarkan namanya, dalam Yosua 4:14,” terang dia.

Rapat paripurna pelantikan anggota dewan pengisi PAW di DPRD Sulut tersebut dihadiri oleh Sekretaris DPRD, Glady Kawatu dan jajarannya. Sedangkan anggota dewan, ada yang hadir fisik namun sebagian besar hadir secara virtual. (YSL)

Latest from Teras Politik