FK: Hanya ODSK Kepala Daerah yang Harmonis hingga Dilantik 2 Periode

TERAS, Manado – Anggota DPRD Sulawesi Utara Fabian Kaloh memberikan ucapan selamat atas dilantiknya Gubernur dan Wakil Gubernur Olly Dondokambey-Steven Kandouw untuk periode kedua memimpin Sulut.

Politikus PDI Perjuangan ini megatakan, dari banyak perspektif keberhasilan yang diraih ODSK sehingga bisa menang pada Pilkada 9 Desember 2020, ia fokus melihat pada “kemenangan” ODSK dalam menjaga harmonisasi hubungan sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur

“Bagi saya tidak banyak kepala daerah dan wakil kepala daerah di Indonesia yang bisa dua periode dengan pasangan yang sama. Coba cek berapa banyak kepala daerah provinsi maupun bupati dan wali kota yang seperti ODSK,” katanya, Selasa (16/2/2021).

Menurut FK, kepala daerah dua periode banyak.

“Tapi dengan pasangan yang sama hanya ODSK. Di Sulut, bupati dan wali kota bersama wakil juga belum ada yang pasangan utuh dua periode,” ujar FK.

Ia juga menuturkan, hubungan harmonis ODSK ini sangat luar biasa.

“Hal ini jelas menguntungkan Sulawesi Utara. Karena bupati dan wali kota yang ada di 15 kota dan kabupaten hendaknya meneladani ODSK,” sebutnya.

Legislator daerah pemilihan Bitung-Minahasa Utara ini menambahkan, dilantiknya ODSK di periode kedua ini pasti banyak keuntungan.

“Hubungan yang harmonis ODSK pasti berdampak pada pembangunan daerah. Karena tidak cukup kalu cuma satu periode atau lima tahun, mau bangun apa? Tapi jika periode selanjutnya dengan pasangan yang sama, itu yang benar hebat,” tuturnya.

Dikatakanya, anggaran pendapatan belanja daerah (APBD) yang direncanakan tahun lalu tidak banyak bergeser atau berubah karena visi, misi, renstra, program dan kegiatan memang sudah didesain sustainable.

“Sehingga tidak akan ada program dan kegiatan yang berhenti di tengah jalan, semua berkelanjutan,” ucap FK optimis.

Lanjut dia, ODSK akan menjadi preseden positif atau akan menjadi teladan bagi kepala daerah dan wakil kepala daerah di Sulut untuk menjaga harmonisasi hubungan sebagai modal dasar kepemimpinan dwifungsi.

“Bohong satu daerah bisa maju jika pemimpinnya tidak harmonis apalagi sampai pecah kongsi atau bubar di periode kedua. Proficiat Pak ODSK, Tuhan telah memilih dan menetapkan ODSK, Tuhan jugalah yang akan merahmati dan memberkati ODSK di periode kedua ini,” tandasnya. (SMM)

Latest from Teras Daerah