/

Serahkan Bantuan Bencana Gelombang Pasang di Nustab, Ini Pesan Bupati Rinny untuk Kapitalaung

TERASMANADO.COM—  Penjabat (Pj) Bupati Kabupaten Kepulauan Sangihe dr Rinny Tamuntuan menyerahkan langsung bantuan kepada 9 anggota keluarga yang terdampak bencana alam gelombang pasang pada 11 Januari 2023 di Kampung Nanedakele Kecamatan Nusa Tabukan, Kamis (16/3/2023).

Adapun Bantuan yang diserahkan langsung berupa sembako, kursi roda, terpal, matras, selimut, dan geobag.

Dalam sambutannya Bupati Rinny mengatakan bahwa tidak ada seorang pun yang menginginkan bencana ini terjadi. Namun ia menegaskan bahwa jika terjadi bencana, pemerintah pasti akan hadir bersama-sama dengan masyarakat.

“Sesuai dengan laporan yang kami sampaikan kepada Pemerintah Provinsi, langsung ditindaklanjuti. Sehingga pada saat ini dapat diberikan bantuan dari Pemerintah Pusat dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD),” ungkapnya.

Bupati Rinny yang melewati lautan lepas untul menyerahkan langsung bantua ini menghimbau kepada semua Kapitalaung jika terjadi bencana alam, langsung segera mendata keluarga yang terkena dampak bencana, agar pemberian bantuan tepat sasaran.

“Karena ada program pemerintah pusat yaitu rumah sederhana terpadu untuk korban bencana alam yang mengalami kerusakan parah, Dan semua ini tinggal tunggu berproses,” ujarnya. 

Pada kesempatan yang sama Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Wandu Labesi dalam laporan sebelumnya menyampaikan bahwa, pelaksanaan penyerahan kepada sembilan anggota keluarga yang terkena dampak bencana alam yang terjadi pada 11 Januari 2023 ini lewat perjuangan ibu Pj Bupati Kabupaten Kepulauan Sangihe kita mendapat bantuan dari pemerintah pusat.

“Jadi demgan anggaran Rp250 juta untuk logistik, dan Rp500 juta biaya operasional pemulihan tanggap darurat. Saat ini dari dana 250 juta yang pengadaannya langsung dari BPBD, akan diserahkan kepada warga penerima bantuan, dan sungguh luar biasa untuk perjuangan dari Ibu Pj Bupati,” puji Labesi.

Ia juga berharap agar seluruh masyarakat dapat mendukung perjuangan pemerintah daerah khususnya Pj Bupati dalam menyelesaikan berbagai persoalan termasuk kondisi pada saat terjadi bencana alam di Kabupaten Kepulauan Sangihe.

Deny Abram selaku camat Nusa Tabukan yang ikut hadir menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada pemerintah daerah khususnya Pj Bupati dr Rinny Tamuntuan, di tengah jadwal yang padat masih berkenan hadir dalam rangka penyerahan bantuan bersama BPBD.

“Terima kasih untuk perjuangan dan perhatiannya kepada masyarakat Kecamatan Nusa Tabukan,” tutu Abram.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Anggota DPRD Deny Roy Tampi, Kapitalaung Husen Mahengkeng, Sekretaris kampung Nehemia Lalo, Babinsa Nanedakele Serma Elvis Maradung, dan Staf Khusus Gunfanus Takalawangen bersama Taslim Mahmud dan Theodore Angow. (AYU)

Latest from Headline