//

Penghubung Komisi Yudisial Sulut Gelar Edukasi Publik di Minsel 

Edukasi Publik yang dilaksanakan oleh Penghubung Komisi Yudisial Sulut menggelar di kantor Kecamatan Amurang Timur, Kabupaten Minahasa Selatan, Kamis 22 Agustus 2024.

TERASMANADO.COM – Penghubung Komisi Yudisial Sulawesi Utara (Sulut) menggelar kegiatan Edukasi Publik di Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel), tepatnya di kantor Kecamatan Amurang Timur, Kamis 22 Agustus 2024.

Mercy H Umboh SH MH selaku Koordinator Penghubung Komisi Yudisial Sulut menjelaskan bahwa Edukasi Publik itu digelar dengan maksud antara lain untuk memberikan edukasi kepada masyarakat setempat tentang sistem peradilan Indonesia, dan pentingnya proses hukum yang baik sehingga sehingga menumbuhkan kesadaran hukum.

“Juga untuk memberikan edukasi terkait kedudukan, wewenang dan tugas Komisi Yudisial sebagai lembaga negara yang berperan mewujudkan peradilan bersih,” kata Dia.

Selain itu, memberikan edukasi soal Kode Etik dan Pedoman Perilaku Hakim (KEPPH) yang harus dipatuhi Hakim. Sehingga independensi dan integritas Hakim terjaga, serta berdampak pada kualitas putusannya.

Selanjutnya, guna meningkatkan partisipasi masyarakat setempat untuk bersama – sama mengawasi penegakan hukum sebagai upaya peningkatan access to justice.

Dan terakhir adalah dapat memperoleh dukungan masyarakat agar bersinergi untuk mempercepat terciptanya peradilan bersih dan berwibawa.

Sementara dalam kegiatan tersebut menghadirkan sejumlah narasumber yakni Christyane Paula Kaurong SH MHUm yang merupakan perwakilan dari Pengadilan Negeri Amurang. 

Dr Grace H Tampongangoy SH selaku akademisi Fakultas Hukum Unsrat. Ketua Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Manado Fransiskus Talokon serta unsur Penghubung Komisi Yudisial Sulut, Welli Mataliwutan SH.Sedangkan peserta dalam kegiatan itu perwakilan dari Pengadilan Negeri Amurang, Polres Minsel, Kejaksaan Negeri (Kejari), pemerintah Kecamatan dan Desa yang ada di Amurang Timur serta tokoh masyarakat.(VIC)

Latest from Minahasa Raya