///

Live Streaming YouTube Pendaftaran Bermasalah, Ini Penjelasan Ketua KPU Minut

Ketua KPU Minahasa Utara, Hendra Lumanauw.

TERASMANADO.COM – Ketua Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Minahasa Utara (KPU MInut) Hendra S. Lumanauw mengklarifikasi informasi terkait tayangan Youtube dalam Pendaftaran Calon Bupati dan Wakil Bupati Minut (01/09/2024) di kantor KPU Minut.

Menurut Lumanauw, KPU Minut Menayangkan Live Streaming di dua platform media sosial yakni YouTube dan Facebook. Namun pada saat penayangan pendaftaran Paslon MJP CK di YouTube, di luar sepengetahuan KPU rupanya ada yang terpotong. Ternyata hal itu setelah ditelusuri terjadi karena adanya bandwith dari YouTube yang indikasinya tidak stabil sehingga mengakibatkan putusnya penyiaran yang sedang berjalan di YouTube.

Tayangan yang lengkap lanjut dia, juga bisa disaksikan di laman Facebook KPU Minut karena disana tidak ada kendala dalam penayangan live streaming.

“Kalau ada kendala di YouTube, bisa menonton live di Facebook KPU Minut. Kami juga sudah mengkonfirmasi ke pihak EO terkait hal soal yang dimaksud, dan EO mengakui bahwa memang adanya kendala jaringan dalam penayangan di platform Youtube,” bebernya.

Lanjutnya, pastinya peristiwa ini bukan karena disengaja. “Tidak ada niat dari Kami KPU Minut untuk menayangkan setengah-setengah dalam Live Streaming yang kami adakan,” ungkapnya.

Menurut Lumanauw, KPU Minut menyimpan Arsip seluruh rekaman secara utuh pada saat pendaftaran kedua Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Minahasa Utara.

“Kami meminta teman-teman media dapat menyajikan informasi berita ke publik yang objektif dan mengedepankan prinsip asas penulisan cover both side dalam menghadirkan berita,” kata Lumanauw..

“Melihat tren pemberitaan segelintir media terkait pendaftaran calon terkesan menyudutkan KPU. Tapi tidak mengapa, kami tidak anti kritik. Namun ingin kami ingatkan kaidah dan asas pemberitaan harus terpenuhi dalam setiap pemberitaan,” lanjut imbuhnya.

Polarisasi politik di masyarakat harus dijaga bersama agar itu tidak terjadi. Untuk itu dia juga berharap media tidak menghadirkan informasi sepihak yang dapat memprovokasi masyarakat. KPU kata Hendra.

“Kita sejatinya menghadirkan kesejukan di masyarakat. Terima kasih kepada teman-teman pers yang terus mendukung kerja-kerja penyelenggara di Minahasa Utara demi sukses tahapan Penyelenggaraan Pilkada,” kuncinya.(VIC)

Latest from Minahasa Raya