Fabian Kaloh: Pancasila adalah Nafas Bangsa Ini

TERAS, Manado- Hari lahir Pancasila akan dirayakan seluruh rakyat Indonesia di setiap tanggal 1 Juni. Apa makna Pancasila bagi anggota DPRD Sulawesi Utara, Fabian Kaloh? Ini kata dia.

“Pancasila adalah pemersatu bangsa. Dan itu sudah terbukti dalam kehidupan kita dalam pelbagai perbedaan,” ungkapnya, Senin (31/5/2021) malam.

Ia juga mengajak seluruh masyarakat agar memperkuat, meneguhkan, menjaga kesatuan dan keutuhan ideologi Pancasila yang menjadi dasar NKRI.

“Mari kita maknai hari lahir Pancasila sebagai dasar penguatan karakter bangsa menuju Indonesia maju, dan menjaga persatuan kesatuan dengan memberikan ide-ide positif untuk kemajuan bangsa,” kata personel Komisi I bidang Pemerintahan dan Hukum itu.

Menurut politisi PDIP ini, dalam memperingati hari lahir Pancasila tidak cukup hanya sekedar diperingati melalui acara seremonial melainkan harus mengaktualisasikan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-sehari.

Fakta menarik dan bermanfaat

“Pancasila adalah nafas, nyawa dari republik Indonesia jadi harus kita pertahankan dan tanamkan dalam diri kita masing-masing,” ungkapnya.

Untuk itu, legislator Dapil Bitung-Minut ini terus mengajak masyarakat untuk lebih memahami nilai-nilai luhur Pancasila kedalam perbuatan dan sikap sehari-hari sebagai warga negara Indonesia.

“Nilai-nilai yang ada di dalam pancasila memiliki kandungan luhur, Pancasila sebagai pemersatu bangsa, karena Indonesia memiliki banyak suku bangsa, adat dan istiadat dari Sabang sampai Merauke,” tukasnya. (YSL)

Latest from Teras Berita