Cuaca Ekstrem Hantam Sangihe, Rumah Warga dan Akses Jalan Tertutup Longsor

TERAS, Manado- Cuaca ekstrem yang melanda wilayah Sulawesi Utara sejak Kamis (16/9/2021) hingga hari ini, Jumat (17/9/2021), mengakibatkan rumah warga dan akses jalan tertutup longsor di Kabupaten Kepulauan Sangihe.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sangihe Rivo Pudihang mengatakan, berdasarkan data laporan yang diterima BPBD, longsor terjadi di ruas jalan Tahuna-Petta, dan Tahuna-Manganitu.

“Akses jalan Tahuna-Petta masih tertutup, hanya bisa dilewati kendaraan roda dua, terdapat dua titik longsor berdekatan. Telah dikoordinasikan dengan Balai Jalan Provinsi dan sedang disiapkan penanganan,” ujar Rivo, Jumat pagi.

Lanjut dia, longsor juga terjadi di kampung atau Desa Madese, Kelurahan Lesa.

“Longsor jam 02.30 Wita terkena satu rumah milik Keluarga Shabaeng-Luminda, jumlah anggota keluarga dua orang. Tidak terdapat korban jiwa, kerugian materi rumah rusak berat tertimbun longsor,” ujarnya.

Fakta menarik dan bermanfaat

Cuaca buruk juga mengakibatkan banjir di Desa Laine, Kecamatan Mamganitu Selatan. Juga terjadi genangan air di beberapa titik di Kecamatan Tahuna yang juga merupakan ibukota Sangihe.

“Juga ada kerusakan talud di pesisir pantai Kelurahan Santiago,” sebut Rivo.

Terkait kondisi cuaca sekarang ini, Rivo mengimbau masyarakat waspada terhadap cuaca akibat hujan lebat yang disertai dengan angin kencang dan petir.

“Jika hendak melakukan perjalanan darat saat berkendara atau melintas area perkebunan, pegunungan, dan tebing perlu berhati-hati dan waspada dari kemungkinan longsor dan pohon tumbang. Waspada dampak hujan lebat dengan intensitas tinggi dan waktu yang lama yang dapat mengakibatkan banjir,” imbaunya.

Diketahui, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) kembali mengupdate peringatan dini cuaca ekstrem di Sulut.

Berdasarkan prakiraan BMKG, masih berpotensi terjadi hujan sedang hingga lebat yang disertai kilat atau petir dan angin kencang pada pukul 09.55 Wita di sejumlah wilayah di Sulut.

Seperti Sangihe, Sitaro, Talaud, Tomohon, Minahasa, Minahasa Selatan, Minahasa Tenggara, Bolmong, Bolmong Selatan, Bolmong Utara. (SMM)

Latest from Headline