Waspada, Kecepatan Angin Berpotensi hingga 30 Knot di Perairan Sitaro, Sangihe dan Talaud

TERAS, Manado- Hujan dengan intensitas sedang hingga lebat melanda sejumlah wilayah di Sulawesi Utara, Kamis (16/9/2021). Kondisi ini sudah berlangsung sejak pagi hingga malam ini.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mencatat, terutama untuk tanggal 16-17 September 2021 terhadap potensi peningkatan kecepatan angin maksimum hingga 30 knot.

“Di Laut Sulawesi bagian Timur, Perairan Kepulauan Sitaro, Sangihe dan Talaud. Mohon tingkatkan kewaspadaan,” kata Koordinator Bidang Observasi dan Informasi BMKG Stasiun Meteorologi Maritim Bitung Ricky Daniel Aror, Kamis (16/9/2021) malam.

Dia juga mengimbau waspada gelombang kategori menengah 1,25-2,5 meter. Kondisi ini berpeluang terjadi di Perairan Utara Sulawesi, Perairan Bitung-Likupang, Pesisir Selatan Sulawesi Utara, dan Laut Maluku bagian Selatan.

Sedangkan gelombang kategori tinggi 2,5-4,0 meter bererpeluang terjadi di lima wilayah.

Fakta menarik dan bermanfaat

“Laut Sulawesi bagian Timur, Perairan Kep. Sitaro, Perairan Kepulauan Sangihe, Perairan Kepulauan Talaud, dan Laut Maluku bagian Utara,” ujar Ricky.

Pantauan, hingga pukul 21.58 Wita, hujan lebat terjadi di Kota Manado. Menurut data BMKG, cuaca ekstrem ini terjadi di hampir semua kabupaten dan kota di Sulut.

Kondisi ini diperkirakan masih dapat berlangsung hingga tanggal 17 September 2021 pukul 00:30 Wita. (SMM)

Latest from Nusa Utara