///

Ketua Bawaslu Minut Hadiri Rakernis Keterbukaan Informasi Publik

TERASMANADO.COM –  Ketua Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Minahasa Utara (Minut), Rocky M. Ambar mengikuti Rapat Kerja Teknis (Rakernis) Permohonan Informasi Publik Tahun 2024 Gelombang 2, yang diselenggarakan di Grand Mercure Hotel, Jakarta Utara diselenggarakan oleh Pusat Data dan Informasi (Pusdatin) Bawaslu RI.

Rakernis ini berlangsung selama tiga hari, 11-13 Juli 2024 dan ni dibuka oleh Koordinator Divisi Penanganan Pelanggaran dan Data dan Informasi Bawaslu RI, Puadi, S.Pd, MM. Rakernis bertujuan untuk mendorong Bawaslu di tingkat kabupaten/kota agar lebih memperhatikan aspek keterbukaan informasi publik, yang dinilai sebagai fondasi penting dalam mewujudkan demokrasi yang sehat dan transparan.

Rocky Ambar menjelaskan bahwa keterbukaan informasi publik memungkinkan masyarakat untuk memberikan masukan kepada lembaga Bawaslu serta memastikan transparansi dalam pengambilan keputusan. “Keterbukaan informasi ini juga memungkinkan masyarakat memberikan masukan kepada lembaga dan juga akan lebih transparan dalam pengambilan keputusan,” ujar Ambar.

Namun, Ambar juga menegaskan bahwa tidak semua informasi dapat diakses oleh publik. “Dengan kata lain, terbuka bukan berarti telanjang. Misalnya, berkaitan dengan keamanan negara atau privasi individu dan lain sebagainya, itu tidak harus dibuka ke publik,” jelasnya.Rakernis ini diharapkan dapat memperkuat komitmen Bawaslu dalam menjaga keseimbangan antara keterbukaan informasi dan perlindungan data yang bersifat sensitif, demi menjaga kepercayaan publik dan stabilitas demokrasi di Indonesia.(VIC)

Latest from Minahasa Raya