///

Kenly Poluan: Produk Hukum Jadi Acuan KPU Lakukan Tahapan Pilkada

Sosialisasi produk hukum dibuka langsung oleh Ketua KPU Sulut Kenly Poluan didampingi Ketua Divisi Hukum dan Pengawasan Meidy Tinangon bersama Plt Sekretaris Meidy Malonda. Kegiatan sosialisasi ini dilaksanakan di Luwansa Hotel Manado, 19-21 Juli 2024.

TERAS, Manado – KPU Sulut menggelar kegiatan Penyuluhan Produk Hukum Pemilihan Serentak Tahun 2024 Kepada Stakeholder Tingkat Provinsi.

Kegiatan sosialisasi ini dilaksanakan di Luwansa Hotel Manado, 19-21 Juli 2024.

Sosialisasi produk hukum ini dibuka langsung oleh Ketua KPU Sulut Kenly Poluan didampingi Ketua Divisi Hukum dan Pengawasan Meidy Tinangon bersama Plt Sekretaris Meidy Malonda.

Sebelum dibuka, Kenly Poluan lebih dulu menyampaikan arahan dan sambutan kepada peserta kegiatan.

Kenly mengatakan, kegiatan ini merupakan agenda yang sudah direncanakan oleh KPU Sulut untuk mengajak stakeholder yang ada saat ini untuk bersama-sama mendiskusikan, memahami dan menelaah produk hukum Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, serta Wali Kota dan Wakil Wali Kota Tahun 2024.

“Supaya kita bisa memiliki kesepahaman terkait dengan produk hukum yang sudah ada, terutama yang dikeluarkan oleh KPU RI,” kata Kenly.

Kenly menjelaskan, sudah ada beberapa produk hukum yang sudah dan sementara dilaksanakan oleh KPU Sulut.

“Seperti PKPU tentang Jadwal dan Tahapan, PKPU tentang Pencalonan yang baru saja dikeluarkan, dan PKPU tentang Pemutakhiran Data Pemilih,” jelasnya.

Selain itu, lanjut Kenly, mungkin Minggu atau akhir bulan Juli ini, PKPU terkait dengan Logistik atau perlengkapan pemungutan suara dan perlengkapan lainnya.

“Sekarang sudah selesai uji publik, tentu akan disampaikan dalam forum RDP di DPR,” sebut Kenly.

“Tentu produk hukum ini akan menjadi acuan dari KPU untuk kita lakukan. Dan sudah kita lakukan terutama terkait jadwal dan tahapan, pemutakhiran data pemilih, dan pencalonan,” ucap Kenly.

Usai dibuka, kegiatan dilanjutkan dengan materi. Di hari pertama ini, KPU menghadirkan sejumlah narasumber di antaranya Anggota Bawaslu Sulut Donny Rumagit, TPD DKPP Viktory Roti, dan Asisten Intelijen Kejati Sulut Marthen Tandi.

Sosialisasi produk hukum ini dihadiri stakeholder terkait yakni partai politik (parpol), TNI, Polri, akademisi, disabilitas, dan jurnalis.

Hadir juga Kepala Bagian Teknis Penyelenggaran Pemilu, Partisipasi dan Hubungan Masyarakat, Hukum dan SDM, Carles Worotitjan, Kepala Subbagian Keuangan Ferdynand Raintung, Kepala Subbagian Umum dan Logistik Rudy Lalonsang, Kepala Subbagian Hukum dan SDM Lidya Rantung, dan jajaran Sekretariat KPU Sulut. (ivo)

Latest from Headline