///

Konsolidasi Media, Steffen Linu: Perkuat Kerja Sama Bawaslu dan Media Dalam Pengawasan Pemilihan

Koordinator Divisi Pencegahan, Partisipasi Masyarakat dan Hubungan Masyarakat Bawaslu Sulut, Steffen S. Linu SS MAP saat memberikan arahan dan sambutan sekaligus membuka kegiatan Konsolidasi Media Dalam Rangka Penguatan Pemberitaan pada Pengawasan Tahapan Pemilihan Serentak Tahun 2024 yang digelar di Rumah Kopi K8, Senin (22/7/2024) siang.

TERAS, Manado – Koordinator Divisi Pencegahan, Partisipasi Masyarakat dan Hubungan Masyarakat Bawaslu Sulut, Steffen S. Linu SS MAP, mengatakan media memiliki peran yang sangat vital dalam setiap proses pemilihan.

Hal ini disampaikan Steffen saat memberikan arahan sekaligus membuka kegiatan Konsolidasi Media Dalam Rangka Penguatan Pemberitaan pada Pengawasan Tahapan Pemilihan Serentak Tahun 2024 yang digelar di Rumah Kopi K8, Senin (22/7/2024) siang.

“Media bukan hanya sebagai penyampai informasi, tetapi juga sebagai pengawas yang independen dan kontrol sosial dalam setiap tahapan pemilihan. Pemberitaan yang objektif dan faktual sangat diperlukan untuk memberikan edukasi kepada masyarakat serta mengawal jalannya proses demokrasi,” kantanya.

Steffen mengatakan, Pilkada Serentak 2024 akan menjadi momen penting bagi bangsa Indonesia.

“Oleh karena itu, kita semua, termasuk rekan-rekan media, memiliki tanggung jawab besar untuk memastikan bahwa setiap tahapan pemilihan berjalan dengan baik, transparan, dan sesuai dengan aturan yang berlaku. Dalam hal ini, sinergi antara Bawaslu dan media menjadi kunci utama,”ucapnya.

“Kegiatan konsolidasi media yang kita laksanakan hari ini bertujuan untuk memperkuat koordinasi dan kerja sama antara Bawaslu dan media dalam rangka pengawasan tahapan pemilihan,” jelas Steffen.

Ia berharap melalui kegiatan ini dapat membangun pemahaman bersama tentang pentingnya pemberitaan yang akurat dan edukatif.

“Serta meningkatkan kemampuan kita dalam mengidentifikasi dan mencegah disinformasi dan hoaks yang dapat merusak proses pemilihan ke depan ini,” harapnya.

Steffen juga menekankan bahwa Bawaslu sangat terbuka untuk menerima masukan dan saran dari rekan-rekan media. Kami percaya bahwa kolaborasi yang baik antara Bawaslu dan media akan membawa dampak positif dalam mengawal proses pemilihan yang demokratis dan berintegritas.

“Saya berharap kegiatan ini dapat berjalan lancar dan memberikan manfaat yang besar bagi kita semua. Mari kita bersama-sama mengawal Pemilihan Serentak Tahun 2024 dengan penuh tanggung jawab dan integritas,” pungkasnya.

Kepala Bagian Pengawasan dan Hubungan Masyarakat Bawaslu Sulut, Anggray Sari Mokoginta S.P hadir dalam kegiatan ini. Di awal kegiatan, Anggray membacakan laporan kegiatan.

Konsolidasi Media ini dihadiri sejumlah jurnalis, pegiat pemilu, dan mahasiswa. Bawaslu mengahadirkan dua narasumber dalam kegiatan ini yakni Ketua AMSI Wilayah Sulut Ferdinan Putong dan Jurnalis dari Jakarta, Okto. Usai pemaparan materi dilanjutkan dengan diskusi dengan peserta. (ivo)

Latest from Headline