//

KPU Sulut Gandeng Ormas Sosialisasikan Pilkada Serentak 2024

TERAS, Manado – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) menggelar Rapat Koordinasi Bersama Organisasi Masyarakat Sosialisasi Tahapan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sulut Tahun 2024 bertempat di Hotel Grand Whizz Manado, Jumat (26/7/2024).

Ketua KPU Sulut Kenly Poluan membuka secara resmi rakor tersebut. Poluan mengatakan, forum ini dilaksanakan untuk mengektifkan kegiatan sosialisasi, selain itu KPU Sulut juga akan menginisiasi program sosialiasi di 171 kecamatan di Sulut.

“Sehubungan dengan hal itu kami mengundang perwakilan-perwakilan ormas yang tentu saja sudah punya banyak pengalaman agar dapat bekerjasama dengan kami untuk menyukseskan program ini sebagai upaya meningkatkan kualitas demokrasi di Sulawesi Utara,” kata Kenly.

Anggota KPU Sulut Lanny Ointu mengatakan, KPU mengundang 25 ormas yang ada di Sulut tujuannya satu, agar dapat berjalan bersama menjadi corong dalam mensosialisasikan Pilkada Serentak 2024.

“Serta memberikan pendidikan pemilih ke masyarakat lebih luas lagi, nanti teman-teman yang akan menjadi leader di 171 kecamatan ini walaupun pasti tidak akan turun di 171 kecamatan karena akan dibagi, untuk teknisnya nanti kami yang akan mengaturnya,” ujar Ointu.

Sedangkan, Anggota KPU Sulut Awaluddin Umbola yang bergabung via zoom meeting menyampaikan harapannya agar 25 ormas yang hadir dalam kegiatan tersebut dapat membersamai KPU Sulut untuk memastikan apa yang menjadi bahan evaluasi di Pemilu 2024 dapat tersampaikan ke masyarakat.

“Apalagi ormas yang terundang ini tentu lebih banyak tahu situasi di lapangan,” sebut Umbola.

Kepala bagian Teknis Penyelenggaraan,Parhubmas, Hukum dan SDM KPU Sulut Carles Worotitjan dan Kepala Subbagian Keuangan KPU Sulut Ferdynand Raintung juga memaparkan secara umum terkait metode sosialisasi dan penganggaran yang akan digunakan dalam program sosialisasi bersama organisasi masyarakat nantinya.

Pegiat Pemilu Jeiry Sumampow hadir sebagai narasumber pada kegiatan mengulik tentang peran penting masyarakat sipil dalam menggunakan hak pilihnya.

Turut hadir pada kegiatan Anggota KPU Sulut Meidy Tinangon, Plt. Sekretaris KPU Sulut Meidy Malonda, Kepala Sub Bagian Teknis dan Parhubmas KPU Sulut Novie Runtukahu beserta staf pelaksana KPU Sulut. (*/ivo)

Latest from Manado