////

Pemkab Minut Dianugerahi Penghargaan UHC dari Wakil Presiden RI

Wakil Bupati Minut Kevin W. Lotulung menerima penghargaan UHC dari Wakil Presiden RI K.H. Ma’ruf Amin.

TERASMANADO.COM – Pemerintah Kabupaten (Pemkab)  Minahasa Utara (Minut) di bawah pemerintahan Bupati Joune Ganda dan Wakil Bupati Kevin William Lotulung menerima penghargaan Universal Health Coverage (UHC) dalam rangka satu dekade pelaksanaan Program JKN-KIS. Penghargaan ini diserahkan Wakil Presiden RI K.H. Ma’ruf Amin yang diterima oleh Wakil Bupati Minut Kevin William Lotulung, Kamis (08/08/2024) di Krakatau Grand Ballroom, Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta Timur.

Wakil Presiden (Wapres) K.H. Ma’ruf Amin mengapresiasi target UHC di Indonesia yang telah terwujud di atas 98 persen dari total penduduk, dengan lebih dari 275 juta jiwa terdaftar dalam Program JKN-KIS.

“Pencapaian ini tidak lepas dari peran sinergi dan kolaborasi yang solid antara BPJS Kesehatan, kementerian/lembaga, dan seluruh pemerintah daerah,” sebut Wapres saat menghadiri Penyerahan Penghargaan Universal Health Coverage atau UHC Award 2024, di The Krakatau Grand Ballroom, Jl. Taman Mini Indonesia Indah.

Wapres mengingatkan, evaluasi tetap diperlukan secara terus-menerus terhadap pelaksanaan program ini, terutama terkait permasalahan tunggakan peserta JKN-KIS dari kalangan mampu dan pembayaran iuran BPJS Kesehatan yang macet.

“Pemerintah daerah harus mendorong agar setiap penduduk yang berada di wilayahnya terdaftar sebagai peserta aktif dalam program JKN-KIS,” tutur Wapres, seraya meminta agar ada pendekatan yang lebih efektif dan solutif bagi masyarakat yang belum melaksanakan kewajiban iurannya.

Sementara itu, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Muhadjir Effendy mengatakan bahwa capaian 98 persen UHC ini tentu sebuah prestasi yang luar biasa bagi Indonesia, tetapi tidak ada artinya jika tidak menunjukkan bahwa seluruh rakyat Indonesia telah mendapatkan pelayanan kesehatan yang layak.

“Ini menjadi tanggung jawab kita semua, termasuk tanggung jawab saya sesuai dengan Inpres, dan kita harus berusaha keras bagaimana supaya cita-cita kita untuk menciptakan, mewujudkan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia, khususnya di sektor pelayanan kesehatan ini bisa tercapai,” ujarnya.

Dalam penyerahan penghargaan itu, Wabup Lotulung didampingi Kadis Kesehatan Stella Safitri. “Penghargaan ini merupakan bentuk apresiasi atas dedikasi dan upaya pemerintah daerah dalam memastikan seluruh warga mendapatkan akses layanan kesehatan yang memadai. Pemerintah Kabupaten Minahasa Utara bertekat akan terus meningkatkan dan memperluas akses layanan kesehatan untuk masyarakat,” tutur Bupati Joune Ganda dan Wabup Kevin W Lotulung melalui Kadis Kominfo Robby Parengkuan.(VIC)

Latest from Info Advertorial