///

Jelang Pilkada, Parengkuan Imbau Masyarakat Bijak Gunakan Medsos 

Kepala Dinas Komunikasi Informatika dan persandian Minahasa Utara, Robby Parengkuan,

TERASMANADO.COM – Menjelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024, Kepala Dinas Komunikasi Informatika dan Persandian Kabupaten Minahasa Utara, Robby Parengkuan, mengimbau masyarakat untuk bijak dalam menggunakan media sosial (medsos). Parengkuan menekankan pentingnya menjaga etika dalam bermedia sosial agar tidak memicu gesekan dan perpecahan.

Pasalnya menjelang pelaksanaan Pilkada, ujaran kebencian di medsos semakin sering ditemui. Menurut Parengkuan hal ini dapat menimbulkan konflik dan memperburuk situasi politik, apalagi jika sudah terkait dengan SARA.

“Mari kita bijak dalam berkomunikasi di media sosial, jangan sampai menyinggung atau menyerang personal, terutama dalam suasana menjelang Pilkada yang rawan terjadi kubu-kubuan,” ujarnya.

Parengkuan juga menyatakan bahwa media sosial bisa berperan sebagai fungsi kontrol sosial, terutama dalam mengkritisi pemerintah, jika ada hal yang harus diperbaiki atau mendesak dilakukan. Namun, ia mengingatkan agar kritik disampaikan secara konstruktif dan tidak menyerang individu. 

“Mengkritisi pemerintah dengan cara yang baik dan berbasis data adalah hal yang sehat dalam demokrasi. Namun, kita harus menghindari serangan personal dan manipulasi data,” pungkasnya seraya menghimbau untuk terus menjaga stabilitas keamanan menjelang pelaksanaan Pilkada.(VIC)

Latest from Minahasa Raya