//

Sasar Pemilih Pemula, KPU Sulut Gelar Dialog Interaktif Cerdas Memilih

TERASMANADO.COM, Manado – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) terus berupaya meningkatkan partisipasi pemilih dalam Pilkada 2024 yang akan datang.

Salah satu langkah strategis yang diambil adalah dengan menggelar sosialisasi bagi pemilih pemula. Sosialisasi ini diselenggarakan, Sabtu, 31 Agustus 2024, di pusat perbelanjaan Manado Town Square 1 (Mantos 1), dan bekerja sama dengan TVRI Sulut.

Acara ini ditujukan untuk memberikan edukasi kepada pemilih pemula tentang pentingnya menggunakan hak pilih mereka dalam Pilkada 2024.

Pemilih pemula yang mayoritas adalah generasi muda, menjadi fokus utama KPU Sulut karena mereka merupakan bagian penting dari masa depan demokrasi di Indonesia.

Dengan adanya sosialisasi ini, KPU berharap para pemilih pemula dapat lebih memahami prosedur pemilihan, pentingnya suara mereka, serta peran mereka dalam menentukan arah pembangunan daerah.

Di depan puluhan pemilih pemula, Ketua KPU Sulut Kenly Poluan menekankan pentingnya peran generasi muda dalam menyukseskan Pilkada Serentak 2024.

“Bagi KPU, satu pemilih itu sama berharganya dengan banyak pemilih. Oleh karena itu, kami terus mengimbau dan mengajak agar semua warga negara yang punya hak pilih, termasuk pemilih milenial atau pemilih pemula itu berpartisipasi dalam Pilkada pada tanggal 27 November 2024 ,” kata Kenly.

Apalagi sekarang kami sedang menjalankan tahapan pemutakhiran data pemilih. Dalam pemutakhiran data pemilih itu sudah masuk pada penyusunan daftar pemilih sementara (DPS) hasil perbaikan setelah beberapa waktu lalu kami telah menetapkan daftar pemilih sementara.

“Kalau teman-teman muda yang mengetahui bahwa namanya belum terdaftar dalam daftar pemilih sementara itu bisa melaporkan di Kantor KPU Kabupaten/Kota juga di kecamatan ada teman-teman kami sebagai PPK,” ujarnya.

Selain penjelasan mengenai tahapan Pilkada 2024, acara ini juga menghadirkan sesi tanya jawab serta games-games interaktif.

Dengan adanya kegiatan sosialisasi ini, KPU Sulut berharap dapat meningkatkan angka partisipasi pemilih pemula dalam Pilkada 2024 mendatang dan memastikan bahwa mereka berpartisipasi secara aktif dan bijak dalam menentukan pemimpin daerah mereka. (*/ivo)

Latest from Manado