//

Liando Cs Panelis Debat I Cabup/Cawabup Minsel

TERASMANADO.COM, Manado – Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Minahasa Selatan sukses menggelar Debat Publik Calon Bupati dan Wakil Bupati Tahap Pertama, Senin 14 Oktober 2024 di Ruang Sidang DPRD.

Untuk menguji visi misi yang ditawarkan oleh masing-masing pasangan calon, KPUD telah menunjuk 10 pakar yang tersebar dari sejumlah perguruan tinggi sebagai panelis.

Mereka antara lain Dr Mayske Rini Liando Ketua Perkumpulan Kebudayaan dan Demokrasi (PEKA) Manguni Sulut yang juga sebagai Dosen Unima Tondano, Joy Elia Tulung PhD Ketua ISEI Manado yang juga sebagai dosen Unsrat, Dr Valentino Lumowa Dekan FIP De La Salle, Dr Victory Rotti Wadir 2 Pascasarjana Unima dan Prof Dr Jefry Lengkong.

Dalam menyusun soal, para panelis dibantu oleh Tim Perumus materi yang kemudian didalami oleh panelis. Tim perumus antara lain Dr Ferry Daud Liando, putra Desa Malola yang kini menjabat sebagai  Dekan FISIP Unsrat.

Kegiatan debat diawali dengan sambutan pembukaan oleh ketua KPUD Tommy Moga, dan dihadiri oleh semua anggota KPUD yakni Hanny J Porajow, Sriwulan Janty Ceicilia Fadly Munaische dan Fauzan Sirambang.

Turut hadir dan ikut mengawasi jalani debat yakni Ketua Bawaslu Minsel Eva Keintjem dan anggota Frany Sengkey. Para pasangan calon yang mengikuti debat yakni paslon Nomor urut 1 (satu) Pasangan Calon Franky Donny Wongkar,SH dan Theodorus Kawatu,SIP.

Nomor urut 2(dua) Pasangan Calon Petra Yani Rembang,MTh dan Frede Aries Massie

Nomor urut 3(tiga) Asiano Gamy Kawatu,SE,MSi dan Deren Paulorino, SE.

Hal menarik dalam materi debat masing-masing calon adalah ketiganya sepakat untuk melestarikan minuman lokal yakni captikus.

Bagi mereka captikus ini telah terbukti membantu para petani. Sehingga jika mereka tepilih mereka akan melakukan perlidungan hukum bagi para petani. (ivo)

Latest from Manado