Pj Bupati Rinny Tamuntuan Launching Ekspor Perdana Ikan Tuna ke Filipina

TERAS, Sangihe – Penjabat Bupati Kepulauan Sangihe dr Rinny Tamuntuan launching ekspor perdana ikan tuna ke Filipina. Launching ekspor ini ditandai dengan pelepasan tali pengikat kapal di Pelabuhan Nusantara Tahuna, Senin (29/1/2024).

Sekitar 3 ton tuna serta 100 kilogram baby tuna menjadi sampel pengiriman menggunakan KM. Nelayan 2016-5 dari Pelabuhan Nusantara Tahuna ke Fishport General Santos.

Yang menarik, sebagaimana yang disampaikan Asisten II Pemkab Sangihe, Gregorius Londo saat menyampaikan laporan, tuna asal Sangihe akan dibeli petinju legendaris Filipina Manny Pacquiao selaku pemilik perusahaan Glaukos Trading Corporation Filipina.

“Hari ini ikan tuna akan dibawa dengan kapal ke Filipina, dan pembelinya perusahaan Glaukos Trading Corporation, pemiliknya Immanuel D. Pacquiao atau yang kita kenal petinju legendaris Filipina, Manny Pacquiao,” kata Gregorius.

Sementara itu, Penjabat Bupati Kepulauan Sangihe dr Rinny Tamuntuan ketika menyampaikan sambutan, mengakui dimulainya ekspor ikan ini menandakan Sangihe diberkati Tuhan, dimana lewat sektor kelautan dan perikan akan memberi dampak positif bagi nelayan dan pemerintah setempat.

“Lewat upaya yang dilakukan pemerintah dan nelayan tetap menghasilkan buah yang baik, sehingga dengan adanya kegiatan ekspor ikan ke Filipina para nelayan juga dapat merasakan penghasilan yang baik,” ucap Rinny.

Bupati Perempuan Sangihe pertama ini turut mengingatkan hasil perikanan untuk ekspor memiliki banyak pesaing pasar sehingga sangat penting untuk menjaga kualitas produk dari Sangihe.

“Jadi dibutuhkan komitmen serta konsistensi dan sinergisme yang solid antar lembaga dan komponen masyarakat terkait, termasuk terciptanya legitimasi kerjasama serta hubungan bilateral yang harmonis antara Indonesia dan Filipina,”ujarnya.

Turut hadir, unsur Forkopimda, sejumlah pimpinan OPD Pemkab Sangihe, instansi vertikal serta pelaku dan pengusaha perikanan. (ayu)

Latest from Nusa Utara