//

Sosialisasi Pilkada 2024 kepada Ribuan Mahasiswa Unima, KPU Sulut Genjot Partisipasi Generasi Muda

TERASMANADO.COM, Minahasa – Program KPU Sulut Goes To Campus disambut antusias ribuan mahasiswa Unima Tondano. Kegiatan ini dipusatkan di Auditorium Unima, Kamis (19/9/2024).

“Tujuan melaksanakan kegiatan ini untuk meningkatkan partisipasi generasi muda dalam pemilu, dan memberikan pemahaman lebih mendalam mengenai proses demokrasi di Indonesia,” kata Ketua KPU Sulut Kenly Poluan didampingi Sekretaris KPU Meidy Malonda saat memberikan sambutan di kegiatan itu.

Alumni Unima ini juga menuturkan, kehadiran KPU Sulut kiranya dapat meningkatkan kualitas demokrasi, khususnya memaksimalkan kualitas pemilih di Sulut.

“Pilkada tidak hanya sekedar prosesi lima tahunan semata, tetapi juga harus memberikan dampak nyata bagi peningkatan partisipasi dan kualitas pemilih,” ujar Kenly.

Menurut Kenly, kualitas Pilkada ini terletak pada kualitas para calon yang akan bertarung. Untuk memilih figur sebaiknya dapat melihat visi misi dan program kerja, serta rekam jejak pasangan calon yang akan ambil bagian dalam Pilkada nanti, baik di Provinsi Sulut maupun di 15 kabupaten/kota yang ada.

Lanjut dia, kampus adalah tempat yang tepat untuk mendiskusikan visi misi pasangan calon, sehingga mahasiswa bisa menjadi pemilih yang cerdas dan kritis.

Kenly terima kasih kepada Rektor Unima dan pejabat struktural lainnya, bersama mahasiswa yang sudah menerima kunjungan KPU Sulut.

“Kami akan melakukan tahapan penetapan pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur di Sulut serta penetapan bupati, walikota di Sulut, bahkan penetapan rekapitulasi Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sulut,” kata dia..

Sementara itu, Wakil Rektor III bidang Kemahasiswaan Unima, dr Donal Ratu SPd MHum mengatakan, Unima sangat bangga dengan adanya kegiatan ini. Dengan program ini, Civitas akademik Unima akan mengetahui semua kegiatan tahapan Pilkada yang sebentar lagi akan dilaksanakan secara serentak di Indonesia.

Ia pun mengajak mahasiswa untuk dapat mengikuti kegiatan ini sampai selesai dengan baik, karena akan memberikan manfaat yang besar dalam pelaksanaan Pilkada di Sulut nantinya.

“Mari kita ikuti dengan utuh kegiatan dari KPU Sulut ini, ” ungkapnya seraya membuka kegiatan KPU Goes to Kampus Unima tersebut.

Acara ini menghadirkan tujuh narasumber berpengalaman dalam kepemiluan yang membahas pentingnya peran pemilih muda dalam meningkatkan kualitas demokrasi, yaitu Ahmad Fauzi, Jeirry Sumampouw, Goinpeace Tumbel, Zulkifli Densi mewakili Ketua Bawaslu Sulut, Zulkifli Golonggong, Ronny Buol, dan Karel Nayoan.

Para narasumber membahas pentingnya partisipasi aktif pemilih muda dalam Pilkada dan bagaimana kampanye bisa lebih edukatif. Diskusi berjalan interaktif, dengan mahasiswa yang bertanya kepada narasumber tentang proses pemilihan dan pentingnya memilih secara bijak. (*/ivo)

Latest from Minahasa Raya