///

Fordeswita 2024 di Pantai Paal: Ajang Olahraga dan Promosi Pariwisata Desa Wisata

TERASMANADO.COM – Festival Olahraga Masyarakat Desa Wisata (Fordeswita) 2024 berlangsung meriah di Pantai Paal, Desa Marinsow, Kecamatan Likupang Timur, Kabupaten Minahasa Utara, pada Sabtu (12/10/2024). Destinasi wisata ini ramai dikunjungi warga dan peserta yang memeriahkan acara olahraga tradisional tersebut.

Menurut Sekretaris Daerah Minahasa Utara, Novly Wowiling, Fordeswita 2024 diadakan untuk membudayakan olahraga murah meriah bagi masyarakat, sekaligus memadukan pengembangan desa wisata dengan sinergi antara Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif serta Kementerian Kesehatan. “Kegiatan ini juga mendukung pengembangan IKM dan UMKM desa wisata, serta meningkatkan kunjungan wisata ke Likupang sebagai salah satu Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP),” jelas Wowiling.

Berbagai cabang olahraga tradisional seperti tarik tambang, lari karung, hadang, catur, line dance, hingga fun run 10K menjadi daya tarik festival ini. Sekitar 2.000 peserta dari 55 desa wisata di Minahasa Utara berpartisipasi dalam kegiatan tersebut.

Brigjen Pol (Purn) Lenny Into Arin, Ketua Panitia Fordeswita Pusat, mengucapkan terima kasih atas kolaborasi berbagai pihak yang memungkinkan terlaksananya acara ini. Apresiasi juga disampaikan oleh Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Sulawesi Utara, Jemmy Ringkuangan, yang menyebutkan bahwa Fordeswita 2024 menjadi proyek percontohan yang memadukan olahraga masyarakat dengan pengembangan desa wisata di Indonesia.

Pembukaan acara ini dimeriahkan dengan atraksi budaya seperti tarian Katrili, musik Bia, Kambasaran, Maengket, dan line dance. Acara juga dihadiri oleh Ketua Umum KORMI Nasional Hayono Isman, Pjs. Bupati Minahasa Utara Reza Dotulung, serta beberapa perwakilan kementerian.

Fordeswita ini ditutup dengan fun run 10K pada Minggu, 13 Oktober 2024, yang juga menjadi salah satu perlombaan unggulan dalam acara tersebut.(VIC)

Latest from Minahasa Raya