/

Jelang Pilkada Serentak 2024 di Sulut, PDIP dan Golkar Makin Mesra

Logo PDIP dan Golkar

TERAS, Manado – Partai Golkar disebut-sebut semakin mesra dengan PDI Perjuangan jelang Pilkada Serentak 2024.

Informasi yang beredar, PDIP dan Golkar akan berkoalisi terutama di Pilgub Sulut.

Kecang beredar kabar, Wakil Gubernur Sulut Steven Kandouw (SK) akan dipasangkan dengan Michaela Elsiana Paruntu (MEP).

Jika akhirnya berpasangan dalam kontestasi Pilgub Sulut 2024, bisa dipastikan SK-MEP salah satu pasangan yang kuat.

Pasalnya, SK merupakan Wagub Sulut dua periode. Tak hanya itu, Wakil Ketua DPD PDIP ini merupakan mantan Ketua DPRD Sulut.

Sedangkan MEP sendiri mendapat kepercayaan rakyat khususnya dari Dapil Minsel-Mitra duduk di DPRD Sulut periode 2024-2029. MEP terpilih sebagai Anggota DPRD Sulut pada Pileg 2024.

Jika koalisi ini terjadi, bisa dipastikan akan berlanjut hingga ke kabupaten dan kota.

“Koalisi PDIP dan Golkar berpeluang besar terwujud. Saat ini sudah ditingkat elit parpol. Apabila PDIP-Golkar resmi berkoalisi, tak hanya di Pilgub tapi turun ke kabupaten/Kota. Mungkin saat ini sudah 90 persen. Tinggal finalisasi,” kata sumber kepada wartawan.

Dalam koalisi ini paling hangat dibahas adalah calon Gubernur-Wakil Gubernur yang akan diusung PDIP-Golkar.

“Yang paling mungkin pasangan SK-MEP. Jika sudah fix, mungkin Pilgub sudah selesai karena pasangan SK-MEP sangat kuat dan dicintai rakyat serta memiliki mesin parpol yang solid,” sebut sumber.

Sekretaris DPD I Partai Golkar Sulut Raski Mokodompit saat dikonfirmasi mengatakan, saat ini Partai Golkar sedang intens melakukan komunikasi politik dengan partai politik lain termasuk PDIP.

“Saat ini sedang komunikasi politik dengan banyak parpol, target Partai Golkar tentu suka menang di Pilkada 2024. Tunggu saja hasil akhir soal koalisi yang akan ditetapkan oleh DPP parpol masing-masing,” ungkap Raski yang juga Wakil Ketua DPRD Sulut.

Sebelumnya diberitakan, Bendahara Umum DPP PDIP, Olly Dondokambey memberikan sinyal bahwa Wakil Gubernur Steven Kandouw akan diikutkan dalam kontestasi Pilgub Sulut 2024 sebagai calon gubernur (cagub).

Olly mengatakan, ada aturan atau surat keputusan (SK) di DPP, kepala daerah yang berprestasi wajib diusung kembali.

“OD-SK (Olly Dondokambey-Steven Kandouw) berprestasi tidak? Itu aja yang jadi alat ukurnya. Jadi, kepala daerah berprestasi tetap kita dukung,” ujarnya usai rapat koordinasi di Sekretariat DPD PDI-P Sulut, Selasa (7/5/2024). (ivo)

Latest from Headline