///

Mahasiswa Polimdo Tingkatkan Keterampilan Digitalisasi di Pasar Beriman Tomohon

Pengabdian masyarakat mahasiswa dari jurusan Administrasi Bisnis, Politeknik Negeri Manado (Polimdo) di Pasar Beriman Tomohon, Senin (10/06/2024).

TERASMANADO.COM –.. Sejumlah mahasiswa dari jurusan Administrasi Bisnis, Politeknik Negeri Manado (Polimdo), mengunjungi Pasar Beriman Tomohon pada Senin, 10 Juni 2024, dalam rangka pelaksanaan program pengabdian masyarakat. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan digitalisasi di kalangan pedagang pasar.

Mahasiswa tidak hanya berkunjung, tetapi juga melakukan dialog dan wawancara dengan sejumlah pedagang setempat. Mereka mencari informasi mengenai pola pemasaran pedagang dan penggunaan teknologi digital dalam proses tersebut.

“Kenapa kami memilih lokasi di Pasar Tomohon? Karena ini merupakan sebuah tantangan yang menarik. Pasar tradisional ini telah melakukan berbagai upaya menuju digitalisasi dalam proses pemasarannya,” ujar Vekky Supit SE MSi, Ketua Tim Pengabdian Masyarakat.

Supit menjelaskan bahwa program ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan pengelolaan aset digital, khususnya dalam mengoptimalkan pemasaran melalui media sosial. Meski demikian, beberapa pedagang mengakui bahwa mereka belum sepenuhnya memanfaatkan teknologi digital, masih mengandalkan transaksi langsung.

Namun, ada juga pedagang yang telah menggunakan media sosial untuk promosi dan aplikasi seperti QRIS serta transfer bank untuk pembayaran.

“Kami berharap dengan memanfaatkan berbagai aset digital, terutama media sosial, para pedagang dapat meningkatkan daya saing bisnis mereka,” tambah Supit, didampingi dosen lainnya, Arif P Kumaat SE MM, Friska J Papua SE MM, dan Ficky M Purba BBA MM.Para mahasiswa dan dosen berharap program ini tidak hanya akan meningkatkan keterampilan digital para pedagang, tetapi juga memberikan kontribusi signifikan dalam memperkuat ekonomi lokal di Pasar Tomohon. Mereka optimis bahwa dampak positif ini akan berkelanjutan dalam jangka panjang.(VIC)

Latest from Sulut