//

Hadiri Sosialisasi Inver PPTPKH, Pj Bupati Albert Wounde Tekankan Pentingnya Reforma Agraria

TERAS, Sangihe — Penjabat Bupati Sangihe Albert Wounde menghadiri kegiatan Sosialisasi Inventarisasi dan Verifikasi Penyelesaian Penguasaan Tanah dalam rangka Penataan Kawasan Hutan (Inver PPTPKH). Sosialisasi ini digelar di uang rapat Kantor Bupati Kepulauan Sangihe, Rabu (24/07/2024).

Dalam sambutannya, Albert Wounde menekankan bahwa prioritas pembangunan nasional dalam Rencana Kerja Pemerintah (RKP) Tahun 2024 adalah pembangunan wilayah melalui program reforma agraria.

“Reforma agraria merupakan upaya penataan aset dan akses penggunaan serta pemanfaatan sumber daya agraria untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” ucapnya.

Wounde menjelaskan, bahwa penataan aset mencakup pengaturan kembali penguasaan, pemilikan, penggunaan, dan pemanfaatan tanah sesuai hukum dan peraturan perundangan pertanahan.

Sementara itu, akses penggunaan dan pemanfaatan sumber daya agraria mencakup penyediaan akses ke sumber-sumber ekonomi, pengetahuan, dan teknologi untuk mengembangkan kemampuan masyarakat dalam mengelola tanah sebagai sumber kehidupan.

Kegiatan prioritas untuk mewujudkan program reforma agraria ini adalah penataan penguasaan dan pemilikan tanah yang bersumber dari Tanah Objek Reforma Agraria (TORA) dalam kawasan hutan negara.

Direktorat Jenderal Planologi Kehutanan dan Tata Lingkungan melalui BPKHTL Wilayah VI Manado akan memfasilitasi kegiatan Inver PPTPKH bersama Tim Inver PPTPKH.

Albert Wounde mengimbau agar sosialisasi ini diikuti dengan serius, sehingga proses pelaksanaannya dapat dipahami dan diimplementasikan dengan baik.

“Semoga dengan sosialisasi ini, kita semua bisa memahami langkah-langkah yang akan diambil untuk melaksanakan reforma agraria dengan baik,” pungkasnya. (ayuk)

Latest from Nusa Utara