////

Kunjungan ke KY Sulut, Tim Pelaksana Pencegahan dan Penyelesaian Tindak Pidana Pertanahan Koordinasi 7 Kasus Mafia Tanah

created by photogrid

TERAS, Manado – Kepala Bidang Pengendalian dan Penanganan Sengketa selaku Ketua Tim Pelaksana Pencegahan dan Penyelesaian Tindak Pidana Pertanahan Tahun 2024 di Provinsi Sulawesi Utara, Rachmad Nugroho S.H melakukan kunjungan kerja ke Kantor Pengawas Komisi Yudisial Penghubung Sulawesi Utara.

Dalam kunjungan ini, Rachmad Nugroho bertemu dengan Koordinator Penghubung Mercy Herman Umboh SH dan Asisten Penghubung Welli Mataliwutan SH.

Kunjungan kerja ini dalam rangka koordinasi terkait penanganan kasus tindak pidana pertanahan atau yang lebih dikenal dengan istilah mafia tanah yang sementara dalam proses persidangan.

Adapun dari 7 kasus tindak pidana pertanahan yang ditangani oleh Tim Pelaksana Pencegahan dan Penyelesaian Tindak Pidana Pertanahan sejak tahun 2023 sampai dengan tahun 2024 terdapat 4 kasus yang saat ini dalam proses persidangan, terbagi atas 1 kasus dalam proses persidangan tingkat pertama di Pengadilan Negeri Manado No. 395/Pid.B/2023/PN.Mnd yang telah diputus pada tanggal 29 Juli 2024 dengan inti amarnya Terdakwa I dan II terbukti sah dan menyakinkan  melakukan perbuatan pidana dan dihukum 6 bulan dengan masa percobaan 1 tahun tanpa ditahan, atas putusan tersebut Jaksa Penuntu Umum Kejaksaaan Tinggi Sulut mengajukan upaya Banding di Pengadilan Tinggi Manado,  Perkara No. 45/Pid.B/2024/PN.Mnd agenda Sidang 21 Agustus 2024 penyampaian Pembuktian oleh Jaksa Penuntut Umum Kejaksaaan Tinggi Sulut dan Perkara No. 381/Pid.B/2023/PN.Mnd yang telah diputus pada tanggal 22 Mei 2024 dengan inti amarnya Terdakwa tidak terbukti secara sah dan menyakinkan melakukan tindak pidana sebagaimana dimaksud pasal 263 ayat (1) KUHP sehingga Jaksa Penuntut Umum Kejaksaaan Tinggi Sulut mengajukan upaya Kasasi dan Perkara No. 114/Pid.B/2024/PN.Mnd pada tanggal 20 Agustus 2024 dengan agenda Pembacaan Pembelaan Terdakwa.

Satgas AMT Sulut memohon Pengawasa Komisi Yudisial Penghubung Sulawesi Utara melakukan pemantauan khusus terkait penanganan Perkara No.  229/Pdt.G/2023/PN.Mnd Jo No. 3/Pdt/2024/PT.Mnd antara Ferdynand F Laurens selaku Penggugat dan Gubernur Provinsi Sulawesi Utara selaku Tergugat, di mana dalam LP Pidana di Polda Sulut, atas perbuatan TSK  Ferdynan F Laurens dan Robinson Kapong, S,Sos yang mengeluarkan dan menggunakan Surat Keterangan Tanah  No. K.04.1/KEL-KS/SKT/18/XI/2023 tanggal 9 November 2023 sebagai bukti P.10 dalam Perkara No. 229/Pdt.G/2023/PN.Mnd di Pengadilan Negeri Manado, mengakibatkan kerugian bagi Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara di mana dalam amar putusan Perkara  3/Pdt/2024/PT.Mnd meminta Tergugat untuk mengosongkan dan keluar dari obyek sengketa dan menyerahkan kepada Penggugat dalam hal ini obyek dalam Sertipikat Hak Pakai No. 2 di Kel. Kairagi I, atas putusan tersebut pihak Tergugat dalam hal ini Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara telah mengajukan upaya hukum Kasasi di Mahkamah Agung.

Melalui silahturahmi dan koordinasi ini besar harapan Satgas AMT Sulut agar penegakan hukum dapat berjalan dengan baik supaya tegaknya atau berfungsinya norma-norma hukum secara nyata sebagai pedoman berprilaku dan agar pihak-pihak yang terlibat dalam kasus mafia tanah mendapatkan hukuman yang seadil-adilnya sehingga memberikan efek jerah kepada pelaku.

Hasil penanganan perkara tindak pidana pertanahan belum memberikan kepuasaan kepada publik dalam pemberatasan mafia tanah sebagai hasil atas sinergi dan kolaborasi Bersama-sama untuk Gebuk Gebuk Gebuk Mafia Tanah Sampai Tuntas.

Dalam kesempatan yang sama, Koordinator Serdadu Anti Mafia Tanah Risat Sanger mendorong agar Pengawas Komisi Yudisial Penghubung Sulawesi Utara menjadikan atensi seluruh perkara dari hasil Penaganan Satgas AMT Sulut agar Majelis Hakim yang memeriksa dan mengadili dapat memutusakan seadil adilnya demi pemberantasan mafia tanah di Bumi Nyiur Melambai. (*/ivo)

Latest from Manado