///

KPU Sulut Sukses Gelar Sosialisasi Pilkada Damai

TERASMANADO.COM, Manado –  Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) sukses menggelar Sosialisasi Pilkada Damai Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sulut Tahun 2024, Rabu (25/9/2024). 

Kegiatan ini dilaksanakan di kawasan Megamas, Manado. Pendukung masing-masing pasangan calon (paslon) memadati lokasi kegiatan meski digiyur cukup deras tak menyurutkan semangat mereka untuk datang menyaksikan deklarasi tersebut.

Acara ini diawali dengan doa dari tokoh agama umat Muslim, Katolik, Protestan, Buddha, Hindu, dan Khonghucu. Kegiatan ini juga dihadiri langsung ketiga paslon gubernur dan wakil gubernur, ykani paslon nomor urut 1 Yulius Selvanus -Victor Mailangkay (YS-VM), nomor urut 2 Elly Engelbert Lasut dan Hanny Joost Pajouw (E2L-HJP), dan paslon nomor urut 3 Steven Kandouw dan Alfrets Denny Tuejeh (SK-ADT).

Ketua KPU Sulut Kenly Poluan memberi apresiasi kepada ketiga paslon gubernur dan wakil gubernur yang sudah hadir lengkap beserta partai pengusung masing-masing.

Ketua KPU juga membacakan deklarasi lima poin yang diiukuti oeh paslon, pendukung, Forkompimda dan Pemerintah Daerah. Di mana semua pihak berkomitmen untuk melaksanakan kampanye damai.

“Kami berharap kampanye yang berlangsung 25 September hingga 23 November 2024 berlangsung dengan baik tanpa hoax, ujaran kebencian atau provokasi,” kata Kenly.

Kenly mengungkapkan, perbedaan itu adalah kekuatan dalam menentukan pilihan untuk pemimpin Sulut ke depan.

Gubernur Sulut Olly Dondokambey dalam sambutan yang dibacakan Sekprov Steve Kepel mengatakan, kegiatan ini selayaknya memotivasi semua untuk mengawal pilkada yang akan datang agar dapat berlangsung dengan aman, damai dan demokratis.

“Lewat kehadiran kita dan kegiatan yang kita lakukan hari ini harus makin memotivasi kita semua dalam memastikan pelaksanaan Pilkada Serentak yang aman dan damai. Rangkaian kegiatan hari ini harus memotivasi kita dalam mensukseskan Pilkada Serentak 2024,” ujar Steve.

Selanjutnya diikuti dengan penandatanganan deklarasi dan pelepasan burung merpati sebagai simbol perdamaian. Dalam kegiatan ini juga diramaikan dengan penampilan artis ibu kota dan daerah. 

Selain komisioner KPU Sulut, turut hadir Bawaslu Sulut, Sekprov Sulut, pimpinan parpol, paslon, Forkopimda, dan KPID Sulut.(ivo)

Latest from Headline