///

Pemkab dan Kejari Minut Tandatangani SKK Pengamanan Aset 

TERASMANADO.COM – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minahasa Utara (Minut) dan Kejaksaan Negeri (Kejari) Minut menandatangani Surat Kuasa Khusus (SKK) tindakan penanganan dan penyelesaian permasalahan aset kendaraan bermotor dalam lingkup Pemerintahan Kabupaten Minahasa Utara, Kamis (15/08/2024) oleh Bupati Joune Ganda bersama Kajari I Gede Widhartama, SH, M.

Dalam sambutannya, Bupati Joune Ganda menjelaskan bahwa dalam Laporan Hasil Pemeriksaan BPK RI tahun anggaran 2021 terdapat temuan pengamanan aset tetap yang tidak tertib yaitu terdapat kendaraan dinas yang berada diluar penguasaan Pemerintah Kabupaten Minahasa Utara sehingga perlu untuk ditindaklanjuti.

“Saat ini Pemerintah Kabupaten Minahasa Utara sedang menjadi pilot project untuk perhitungan Indeks Pengelolaan Barang Milik Daerah (BMD). Selain itu, Pemerintah Kabupaten Minahasa Utara juga berada dalam area intervensi pengelolaan BMD melalui MCP KPK dimana salah satu sub indikatornya adalah pengamanan BMD,” tukasnya.

Permasalahan yang sering terjadi dalam pengelolaan BMD, lanjut Bupati adalah ketika ASN Pemkab Minut mendapatkan fasilitas kendaraan dinas untuk menunjang tugas dan pekerjaan, namun setelah pensiun tidak mengembalikan kendaraan tersebut.

“Pemerintah Kabupaten Minahasa Utara telah melakukan upaya berupa penarikan kendaraan, somasi kepada pemegang yang tidak ingin mengembalikan kendaraan, maupun penelusuran atas kendaraan,” jelasnya.

Diharapkan kerjasama ini dapat meningkatkan kualitas pengelolaan barang milik daerah terutama dalam menertibkan kendaraan dinas yang berada diluar pengawasan Pemkab Minut, sekaligus untuk menyelamatkan aset daerah.

Sementara Kepala Badan Keuangan dan Aset Daerah Carla Sigarlaki pada laporannya menyatakan bahwa kerjasama dilaksanakan agar pengelolaan barang milik daerah menjadi tertib dan transparan sesuai dengan peraturan yang berlaku.

“Selain itu akan dilakukan pengamanan kendaraan dinas yang berada diluar penguasaan penguasaan Pemerintah Kabupaten Minahasa Utara,” katanya.

Hadiri dalam kegiatan ini, Sekretaris Daerah Novly Wowiling dan jajaran Pemerintahan Kabupaten Minahasa Utara dan jajaran Kejaksaan Negeri Minahasa Utara.(VIC)

Latest from Minahasa Raya