/

Pasangan Evangelian Sasingen-Liem Hong Eng Calon Tunggal di Pilkada Sitaro

TERASMANADO, Sitaro – Untuk saat ini, Evangelian Sasingen-Liem Hong Eng jadi pasangan calon (paslon) bupati dan wakil bupati tunggal di Pilkada Sitaro.

Evangelian Sasingen-Liem Hong Eng berpeluang besar lawan kotak kosong.

Ketua KPU Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) Kenly Poluan mengatakan bawah di 15 kabupaten dan kota sudah kami data rekapitulasi pendaftar.

“Dan secara detail kami ingin sampaikan bahwa di Kabupaten Minahasa ada tiga paslon yang mendaftar, Bitung ada dua, Minahasa Utara ada dua juga,” jelasnya.

Kemudian, Manado ada empat paslon, Minahasa Tenggara empat, Boltim dua paslon, Kotamobagu tiga, dan Bolsel dua.

“Sedangkan, Bolmut empat, Bolmong tiga, Minsel tiga, Tomohon tiga dengan calon perseorangan satu, Talaud paling banyak ada lima paslon, Sangihe empat, dan Sitaro satu paslon,” ungkap Kenly.

Anggota KPU Sulut Salman Saelangi mengatakan, pasca-penutupan pendaftaran tentunya KPU akan melakukan verifikasi administrasi terhadap kebenaran dokumen syarat.

“Untuk calon tunggal atau yang mendaftar hanya satu bakal pasangan calon, tentu ini akan dilakukan perpanjangan dengan mekanisme KPU akan menunda tahapan dan kemudian disosialisasikan dan setelahnya akan dibuka kembali pendaftaran selama tiga hari,” kata Salman yang juga Ketua Divisi Teknis Penyelenggaraan.

Diketahui, paslon Evangelian Sasingen Liem Hong Eng secara resmi mendaftarkan diri ke KPU Sitaro pada hari terakhir pendaftaran Pilkada 2024, Kamis (29/8/2024).

Paslon ini diusung oleh Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) dan Partai Persatuan Indonesia (Perindo).

Mereka tiba di Kantor KPU Sitaro sekitar pukul 15.45 Wita, disambut pengalungan bunga dan sambutan hangat dari para Komisioner KPU yang mengenakan pakaian adat daerah.

Dalam kesempatan tersebut, Evangelian Sasingen menyampaikan rasa syukur karena dapat hadir dan diterima dengan baik oleh KPU dan Bawaslu. Ia juga berharap dapat memperoleh dukungan dari masyarakat serta restu dari Tuhan.

“Tujuan pencalonan kami semata-mata demi dan untuk daerah Sitaro, untuk melanjutkan pembangunan demi kesejahteraan rakyat,” ujar Sasingen.

Mengenai potensi menghadapi kotak kosong dalam Pilkada, Sasingen menegaskan bahwa baik kotak kosong maupun calon lain yang mungkin muncul, semuanya dianggap sebagai lawan yang harus dihadapi.

Ketua DPC PDIP Sitaro Toni Supit menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung proses pendaftaran ini. Supit juga mengapresiasi peran TNI dan Polri dalam menjaga keamanan sehingga kegiatan bisa berlangsung dengan aman.

“Kami atas nama partai PDIP dan Perindo berterima kasih atas sambutan yang baik dari Komisioner KPU dan Bawaslu, juga para anggota TNI dan Polri,” ungkap Supit yang juga Anggota DPRD Sulut Dapil Nusa Utara. (*/ivo)

Latest from Nusa Utara